Muncul Kubah Lava Baru di Puncak Gunung Merapi

Muncul Kubah Lava Baru di Puncak Gunung Merapi



PPTKG Yogyakarta menyampaikan aktivitas Gunung Merapi memasuki fase erupsi magnetik. hal ini di tandai dengan munculnya kubah lava baru di puncak gunung merapi.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Himaida mengatakan  berdasarkan dari mata pengamatan aktivitas Gunung Merapi, pada 1 Agustus 201 8 terjadi guguran.

"Guguran skala sedang dan terdengar dari pos Babadan." ujar Kepala BPPKG Hanik Humaida, sabtu (18/08/2018)

Muncul Kubah Lava Baru di Puncak Gunung Merapi

Pada 11 Agustus 2018 terjadi gempa hembusan besar di gunung merapi. Gempa hembusan ini terdengar oleh warga, terjadi pukul 08.00 WIB.

Setelah kedua aktifitas tersebut, petugas BPPTKG Yogyakarta melakukan survei menggunakan drone.

"Dari hasil foto survei drone menunjukan adanya material baru yg muncul. posisinya di tengah rekahan kubah lava paskah tahun 2010," ungkapnya.

"Tanggal 18 Agustus 2018 juga di lakukan pengecekan langsung dan di pastikan bahwa terdapat kubah larva baru,"ucapnya


menurutnya, kubahlava baru ini tercatat dengan dimensi panjang sekitar55 Meter dan lebar sekitar 25 Meter. kubah lava baru ini sekitar 5 Meter dari permukaan kubah 2010.

Sampai dengan saat ini status Gunung Merapi masih ditetapkan Waspada. Rekomendasi dari BPPTKG Yogyakarta tetap radius 3 km dari puncak Gunung Merapi tidak diperkenankan untuk aktivitas penduduk.

"Status masih Waspada, karena melihat kegempaan masih diatas normal tetapi belum menunjukan sesuatu kenaikan yang signifikan," sebut dia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seekor Sapi Kurban Terjebak di Dalam Sumur

Surat Terbuka dari Heaters Jokowi, Bikin Netizen Mengelurkan Air Mata

Siman dan Triady Gagal Meraih Mendali di Cabor Renang Asian Games