Gempa Berkekuatan 7SR di Lombok - Berita Terbaru Lombok

Gempa Berkekuatan 7SR di Lombok - Berita Terbaru Lombok


ROHA BERITA - Gempa pertama terjadi pada pukul 18.46 WIB dengan kekuatan 7SR pada kedalaman 15 km . Pusat gempa 18 km Barat Laut Lombok Timur  NTB Berpotensi Stunami. Guncangan gempa dapat dirasakan di Pulau Lombok, Pulau Sumbawa, Pulau Bali hingga Jawa Timur. Guncangan yg sangat keras dirasakan di kota mataram. Saat gempa terjadi masyarakat berhaburan keluar rumah.

Gempa ini menyebabkan sejumlah kerusakan bangunan dan sejumlah koeban luka.
Sebelumnya juga dilaporkan, tsunami yang diawali gempa berkekuatan 7 SR itu telah menyentuh daratan. Ketinggian tsunami disebut di bawah setengah meter.

"Berdasarkan laporan BMKG telah ada tsunami dengan ketinggian tsunami yang masuk ke daratan 10 cm dan 13 cm," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Minggu (5/8/2018).

Gempa Berkekuatan 7SR di Lombok - Berita Terbaru Lombok


berita-terbaru-lombok

"Dengan memperhatikan kondisi episenter, hiposenter, mekanisme sumbernya maka gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas patahan naik atau sesar naik Flores," kata Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers di Kantor BMKG, Jl Angkasa I, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (5/8/2018).

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik," ungkapya. 

Gempa 7 SR ini merupakan satu rangkaian dengan gempa 6,4 SR pekan lalu yang berpusat di Lombok Timur. Gempa hari ini adalah gempa bumi utama.

"Mengingat episenter atau pusat gempanya relatif sama dengan gempa bumi pada 29 Juli 2018 lalu, maka BMKG menyatakan bahwa gempa bumi ini yang baru saja terjadi merupakan gempa bumi utama atau main shock," jelas Dwikorita.

Namun peringatan itu kini telah dicabut. "Peringatan dini TSUNAMI yang disebabkan oleh gempa mag: 7.0, tanggal: 05-Aug-18 18:46:35 WIB, dinyatakan telah berakhir #BMKG," demikian cuitan BMKG tersebut. sumber : Detik News



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seekor Sapi Kurban Terjebak di Dalam Sumur

Surat Terbuka dari Heaters Jokowi, Bikin Netizen Mengelurkan Air Mata

Siman dan Triady Gagal Meraih Mendali di Cabor Renang Asian Games