Jutaan Orang Menggungsi Menghindari Badai Super yang Menuju ke Filiphina

Jutaan Orang Menggungsi Menghindari Badai Super  yang Menuju ke Filiphina


Jutaan orang yang mulai mengungsi dari wilayah pesisir filipina setelah badai super yang dinamai mangkut sedang menuju ke negara tersebut.

Sekolah dan perkantoran mulai di tutup dan para petani dikatakan segera menyelamat kan tanamannya.

Sekitar sepuluh orang di filipina berada di jalur badai, bersama jutaan orang lainnya yang yang berada di kawasan pesisir cina selatan.

Otoritas negara itu memperkirakan badai super Mangkhut pada tahun ini merupakan yang terkuat - diameternya bisa mencapai 900km, dengan kecepatan angin berkelanjutan setidaknya 209 km/jam.

Badai ini, yang awalnya memiliki kecepatan 255km/jam dan masuk Kategori 5, telah meluluh-lantakkan kawasan Kepulauan Mariana Utara dan Guam.

Pihak berwenang di Filipina memprediksi bahwa gelombang laut akibat badai bisa mencapai tujuh meter dan memperingatkan hujan lebat dapat memicu tanah longsor dan banjir bandang.

Jutaan Orang Menggungsi Menghindari Badai Super  yang Menuju ke Filiphina

"Kami benar-benar ketakutan," kata Delaila Pasion, salah-seorang warga setempat yang telah meninggalkan rumahnya. "Mereka mengatakan badai itu sangat kuat, kami takut sekali."

'Saya mau selamatkan cucu-cucu saya'
Topan paling mematikan di negara itu adalah topan super Haiyan, yang menewaskan lebih dari 7.000 orang dan mempengaruhi jutaan orang pada tahun 2013.


Di Hong Kong persiapan sudah berlangsung untuk badai, meskipun perkiraan terbaru menunjukkan Mangkhut akan lolos ke selatan wilayah itu pada akhir pekan nanti.

"Selama musim hujan sebelumnya, setengah dari rumah kami hancur. Jadi, saya ingin menyelamatkan cucu-cucu saya ke tempat yang aman," katanya kepada para wartawan.

Topan paling mematikan di negara itu adalah badai super Haiyan, yang telah menewaskan lebih dari 7.000 orang dan berdampak pada jutaan orang pada 2013.

Di Hong Kong persiapan untuk menghadapi sudah dilakukan, walaupun perkiraan terbaru menunjukkan bahwa badai Mangkhut tidak akan menerpa kawasan itu pada akhir pekan nanti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seekor Sapi Kurban Terjebak di Dalam Sumur

Surat Terbuka dari Heaters Jokowi, Bikin Netizen Mengelurkan Air Mata

Siman dan Triady Gagal Meraih Mendali di Cabor Renang Asian Games