Warga Negara Korea Selatan Menjadi Korban Gempa & Tsunami Palu

Warga Negara Korea Selatan Menjadi Korban Gempa & Tsunami Palu


Tim SAR sudah mengevakuasi warga negara korea selatan yang menjadi korban gempa dan tsunami Palu.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho jenazah sudah di kreamasi sebelum di pulangkan ke ke negaranya.

Warga Negara KorSel yang merupakan atlet paralayang ini meninggal karena tertimpa reruntuhan puing Hotel Roa-Roa saat gempa Palu yang diikuti tsunami.

"Warga Korsel sudah diremasi dan dibawa pulang ke negaranya," kata Sutopo di Graha BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (6/10/2018).

Menurut dia, WN Korea itu ditemukan tim SAR gabungan pada dua hari yang lalu. Usai ditemukan, tim SAR gabungan langsung membawanya ke rumah sakit di Palu untuk proses identifikasi.

"Hal ini untuk mengetahui ciri fisik korban," Sutopo menjelaskan.

Warga Negara Korea Selatan Menjadi Korban Gempa & Tsunami Palu

Identifikasi WN Korsel menjadi korban jiwa dalam gempa Palu ini, terungkap dari ciri fisik kepala botak dan ada bekas operasi di bagian perut serta pakaian yang dikenakan.


BNPB menegaskan penetapan status bencana nasional untuk gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah tidak perlu dilakukan. Menurut dia, Indonesia masih mampu untuk mengatasi dan bangkit tanpa harus menetapkan status tersebut.

"Bencana Nasional seolah negara collapse pemerintah tak sanggup tangani, tapi kita masih sanggup, karena saat ini pemerintah kabupaten kota daerah pada membantu, karena potensi nasional masih mencukupi," kata Sutopo di Graha BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (6/10/2018).

Bila diprediksi, lanjut Sutopo, angka kerugian dan kerusakan daerah terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, seperti Palu, Donggala, dan Sigi, mencapai Rp 10 triliun.

"Nilai Rp 10 T itu, bukan berarti kami mengabaikan Lombok, pejabat BNPB TNI Polri masih melakukan penanganan transisi pemulihan di sana, tidak ada pengalihan aset personel dari Lombok ke Palu atau Donggala," jelas dia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seekor Sapi Kurban Terjebak di Dalam Sumur

Surat Terbuka dari Heaters Jokowi, Bikin Netizen Mengelurkan Air Mata

Siman dan Triady Gagal Meraih Mendali di Cabor Renang Asian Games